Mengatasi Bau Masuk Kabin di Honda New Jazz

Kejadiannya sering terjadi pada rekan-rekan yang habis upgrade audio. Bau dari luar masuk ke dalam kabin padahal tuas pengatur sumber udara sudah berada di posisi “recirculating” yang berarti udara tidak mengambil dari luar sama sekali. Lalu kenapa bau dari luar, yang seringkali tidak sedap, tetap saja masuk?
Beberapa teknisi, bahkan teknisi AC mobil sering menyalahkan tutup lubang AC yang sudah tidak rapat lagi. Ada pula yang menyalahkan installer audio yang membuat lubang terlalu besar pada grommet. Pada kasus teman saya, lubang grommet sudah rapat, cuma tuas pengatur sumber udara seperti terganjal, sehingga tutup lubang “air intake” dari luar tidak tertutup rapat. Tanya ke mana? ESM is the best DIY friend… 😀


Setelah melirik ESM, dan mengujinya, ternyata benar. Kabel recirculation control hampir selalu dilepas oleh installer audio agar mereka lebih leluasa dalam bekerja, dan seringkali pemasangannya tidak sesuai dengan prosedur.

  • Perhatikan kabel yang dijepit oleh klip (ditandai dengan huruf A), posisinya harus pas agar tutup lubang udara tertutup dengan sempurna. Cara mengetesnya:
  • Lepas kabel tersebut dari penjepitnya, biarkan ujung kabel tetap tersangkut pada kaitnya (C)
  • Posisikan tuas pada posisi “circulating”, tahan (lebih mudah dengan bantuan rekan lainnya)
  • Tarik kait (C) mendekat ke badan kita, tarik juga kabelnya sampai mentok, lalu pasangkan kabel pada penjepitnya (A)
  • Pastikan tuas berfungsi dengan sempurna (bisa mantap berhenti di setiap ujung kiri atau kanan)

Bau solar, bau selokan, bau sampah… lenyap. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.