DIY: Lampu Tuas Matik Honda BR-V

Seperti saudaranya Mobilio, BR-V ini juga tidak dilengkapi lampu pada tuas matiknya. Sudah banyak yang posting cara menggantinya, kali ini saya hanya mau share soal wiringnya saja.

Lampu pakai LED module 3 titik, lalu saya sambung soket. Kabel (warna merah) saya arahkan mengikuti harness yang ada, sementara groundnya saya ikutkan ke ground harness terdekat. Kabel positifnya sendiri terus daya arahkan ke kolong kabin driver, sambung ke soket baru ke kabel lampu senja di MICU.

Sukanya dengan Honda, warna kabel dari Jazz GD3 sampai BR-V ini tetap konsisten. Warna kabel untuk lampu senja adalah abu-abu.

Kali ini saya mau main rapi, soalnya kolong kabin tidak ada traynya seperti GE8. Saya ikat kabel dan soket menggunakan perekat Velcro agar mudah lepas pasang.

19 thoughts on “DIY: Lampu Tuas Matik Honda BR-V”

  1. Numpang tanya gan.
    Honda BR-V bisa modif jadi 4 x 4 gak gan?
    Gardan apa yg cocok utk di cangkok ke roda belakang BR-V?
    Berapa kisaran biayanya gan?
    Tks

  2. Om adhi boleh nanya kenapa setiap saya ganti bohlam lampu mundur pake LED sekring putus terus ya? mobil sy brv yg E-CVT, kasusnya sama kaya sy ganti lampu tipe LED di lampu kabin sekring pasti putus?

    1. Mas Bro coba check kalau lampu led pingiran lampunya aluminium dialah penyebab utamanya saat soket lampu di tekan antara – dan + short, jadinya sekring langsung putus, coba cari lampu led yang plastik pasti aman

  3. Om Adhi..kalo sy mau pasang lampu tuas, lampu tombol steer sama lampu tombol di pintu kanan.. bisa ke om Adhi nggak … hehehe. Kira kira brp biayanya om.. sy gaptek masalah kabel..

  4. Om Adhi… Itu komponennya apa saja, belinya klo online dimana… Kok kabel abu2nya kurang jelas terfotonya… Bisakah dibuatin tutorial DIY pakai video nya (Youtube) nya… Jadi penasaran ingin coba ajaran Om Adhi niy.
    Makasiy yaa Om Adhi atas ilmunya.

  5. om nanya, kalau di mobilio kan infonya ada kabelnya yah dan socket T5. apakah di BRV juga sudah ada? atau gak ada sama sekali?

    1. Adhi Widjajanto

      Di Mobilio cuman ada lubangnya buat bulb T5 (apa T3 ya?). Ga ada kabel dan soket. Begitu pula dengan BR-V, cuman ada lubangnya doang.

  6. Rhandyka Jili Prasanto

    Pak Adhi. Bisa bantu info kabel lampu senja posisinya dimana? Tinggal connect ke kabel power lampu senja nih…. Bingung kabelnya yang mana

    1. Adhi Widjajanto

      Bisa ke kabel head unit yang warna abu-abu (dites dulu ya), atau ke kabel tombol hazard yang warna abu-abu, atau ke MICU cari kabel warna abu-abu (dites dulu ya)

  7. Om hasilnya kan jadi kebiru-biruan lampunya tidak putih (6000k) karena ada semacam stiker bitu didalamnya, apakah pernah nyoba dicopot biar warna lampu tuasnya matching dengan warna di lampu ac ?

  8. Adhi Widjajanto

    Om Adit, seingat saya tidak ada stiker biru di dalamnya. Mungkin bisa berwarna amber jika kita pakai LED warna kuning atau warm white.

  9. Om kalo socket lighter Brv mati kenapa y,? Apa dari sekringny ad yg putus… trus letak sekring brv di sebelah mana y om? Makasih

    1. Adhi Widjajanto

      Soket lighter mati, abis bongkar center console ga? Jangan2 blom dicolok konektornya. Fuse BR-V ada di atas lutut kanan driver. Cover bawah dashboard bs dilepas kok, tarik aja ke arah driver.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to Top