Honda BR-V Prestige Head Unit Socket Wiring Diagram

This socket is plugged on Panasonic head unit 08A00-TSA-7M00-A1. Hope can help anyone who want to replace the head unit. The socket as below:

The wiring as below:

46 thoughts on “Honda BR-V Prestige Head Unit Socket Wiring Diagram”

  1. Mau nanya om adhi…
    Video output nya dimana ya…
    Liubang kabel yg N/A… fungsinya buat apa ya… apakah ada yg untuk video output..?

    1. Saya pake HU bawan HRV buat Brio type e tp di wire nya ga ada wire riverse yg no 21 brarti harus ditambah skun ya om…?

      1. Adhi Widjajanto

        Ahay Om Muji… Kalau mau rapi, iya harus ditambahin skun di soket Brio nya. Btw emang soket HU HRV dan soket Brio sama?

  2. Selamat Sejahtera,

    Saya dari Malaysia, bapak ada tak reverse camera wiring diagram untuk Honda BRV ? sebab saya ada beli radio kereta yang baru tapi BRV reverse camera pakai 6 wire. sekiranya bapak ada, boleh tak share dengan saya.

    Terima Kasih.

    1. Dear Razalee. As far as I remember, BR-V reverse camera in Indonesia only use 4 wires: 2 are video, the rest are power connected to reverse light. in manufactured installation, from head unit to reverse camera, it use OEM socket, then converted to RCA, wrapped using foam tape and hidden behind the head unit. If you can trace your reverse camera wires, hopefully you can find the RCA connector as well. If not, well, then we found another differences between BR-V in Indonesia and BR-V in Malaysia… 😀

      P.S. We have no luxury using keyless & engine start stop

  3. Om utk + sama – nya kabel speakernya yg mana yah? Bolak balik sih emang bisa bunyi, tp kalo kutubnya kebalik nendang speakernya jadi kebalik masuk kedalem bukannya keluar.

    1. Adhi Widjajanto

      Nah itu dia, saya juga ga sempat test karena cari cara yang pasti-pasti saja: upgrade audio, hehehe…

  4. om btw utk kabel remote steering button nya…itu di Honda emang 2 kabel, ato yg bawah dapet ground yah? Googling kok katanya cuman 1 kabel aja, satunya lagi ground…

    1. Adhi Widjajanto

      Om Herman, kabel dari steeting button memang hanya dua: signal dan ground. FYI, beberapa head unit seperti Kenwood bisa menerima sampai dua signal wire.

  5. saya dah coba…yg 18 yg ground…saya ambilin dari kabel ground…

    yg masih bingung kabel ijo di atas kabel illumination…di Brio ada kabel itu…tp ga saya pake akhirnya karena gak ngerti pin kemana…googling pin layout JVC nya juga ga ada karena kayanya unit JVC yg bawaan Honda itu khusus, jd beda socketnya ama yg beredar diluar yg bukan OEM untuk Honda.

    HU 3rd party nya dah bisa pasang sih, remote di steer juga udah bisa jalan…cuman rada lemot wkwkwkwk entah krn HU nya yg kemurahan ato ada kabel yg kurang wkwkwkwk…

  6. Salam kenal om adhi,, agar penumpang tetap bisa melihat video di head unit saat mobil berjalan, gimana caranya?
    Trims

  7. Cara ketiga adalah update sendiri pakai file di blog ini.
    Prosesnya hanya 30 menit saja dan langsung bisa nonton video meskipun mobil lagi jalan.

  8. Om Adhi, mohon bimbingannya dong. Saya baru ganti head unit BRV prestige dgn kenwood. Berdasarkan wiring yg om share, steering button di pin no 6 dan 18. Sedangkan bawaan steering remote HU Kenwood ada input 1, input 2 dan ST remote Gnd. So kabel dari pin 6 dan 18 di hubungkan kemana ya?
    Terima kasih untuk bimbingannya …

    1. Waduh, installernya asal sambung kabel itu. Mestinya yang disambung ke ground kabel parking brake dari HU saja, jangan keseluruhan kabel parking brake.

  9. Oom Adhi. Mau tanya kalau kabel power untuk reverse camera nya ada di mana nya ya oom? Saya mau ganti head unit bawaan nya, untuk kabel video rca nya sudah ketemu sesuai info dari oom Adhi, tapi kabel power reverse nya (yang untuk aktivasi kamera kalau masuk gigi mundur) gak ketemu harus sambung kemana.

  10. apa diagram ini sama dengan HRV tipe S M/T 2018 … kalau tida apa ada diagramnya, terimaksih sebelumnya salam hormat…

  11. Halo Om Adhi, makasih sudah sharing2 di dunia maya, saya ngikutin blog nya om Adhi, buat inspirasi sebelum DIY di mobil brio saya om.

    kebetulan saya juga DIY untuk pasang headunit android dan sangat terbantu dr artikel nya Om Adhi.

    saya kebetulan pake brio 2014 dan sudah ganti headlamp menggunakan headlamp mobilio projector yang sudah ada drl nya.

    nah karena sudah pasang headunit android, saya sambungin kabel drl headlamp ke acc yg dr headunit. hasilnya sudah sesuai, drl akan selalu nyala pada saat kontak on.

    klo saya ambil dari kabel acc headunit, itu berarti acc1 kan ya? yang mana akan selalu nyala terlebih dahulu sebelum mesin nyala, saya khawatir kondisi seperti ini menyebabkan aki cepet tekor.

    ada saran ga om agar aki lebih awet, apakah sebaiknya saya pindah saja ke kabel acc2 ya om?

    saya juga masih mencari apa perbedaan acc1 dan acc2 tapi belum ketemu juga jawaban pasti nya.

    kalau om berkenan boleh di japri by email om no wa nya, biar saya bisa bersilaturahmi langsung,

    makasih om

    Salam
    Zainuri

    1. Adhi Widjajanto

      ACC1 itu saat kunci kontak diputar sekali, ditandai dengan head unit menyala dan socket lighter berfungsi. ACC2 itu saat kunci kontak diputar dua kali klik, ditandai dengan gauge menyala. Saat kunci kontak diputar terakhir untuk start engine (mesin cranking), ACC1 off ditandai dengan head unit mati sesaat. Wiring state bisa dilihat di postingan saya yang ini.

  12. Pak Adhi sesuai dengan 2 buah gambar diatas, saya mau nanya terutama kabel2 speaker yg warna2nya tertera di soket namun yg membuat saya bingung adalah bagaimana untuk mengetahui dari warna kabel tsb yg + dan – supaya ga salah pasang ke speaker baru atau tambahan…terima kasih…

    1. Nah itu, saya juga ga tahu. Soalnya speaker bawaan juga ga ada tanda mana yang plus mana yang minus. Tapi asumsi yang saya pakai dulu, kabel speaker kanan dan kiri saya perlakukan sama, jadi paling tidak phase speaker jadi sama. FYI saat ini saya sudah tidak menggunakan kabel2 tersebut. Sudah ganti HU dan sudah narik kabel baru juga.

  13. minta bantu juga Pak Adhi….bagaimana urutan kabelnya untuk pemasangan RCA Hi low converter ke head unit panasonic honda BRV 2016…agar bisa menjadi output RCA ke power amplifier…terima kasih sekali…

    1. Output speaker dari Panananoe masuk ke HiLo Converter, baru dari HiLo Converter masuk ke power ampli. Tapi informasi dari Om Lukito (Innovation Audio) penggunaan HiLo Converterbiasanya juga menguatkan noise, jadi bisa dengung, desis, dsb.

  14. Hallo om adhi,

    Sebelumnya mau minta bantuan untuk mengaktifkan tombol ke 2 / key 2 / input 2, di head unit gmn ya. Posisi sekarang kabel no. 6 untuk input 1 dan no. 18 untuk ground. Tinggal input 2 blm sambung kemana”,
    Sudah coba sambung ke no. 6 malah jd mute
    Sambung ke no. 18 ga ada pengaruh

    1. Adhi Widjajanto

      Kalau pakai panasinic head unit ini ga bisa Om, hanya support satu input saja. Kabel 6 dan 18 itu satu pair.

  15. Om Adhi .mohon pencerahannya
    Saya pasang hu Brio RS 21 merk Kenwood ke Inova lama.semua kabel SDH saya sambungkan sesuai pin.kendala yg timbul
    1 saat mundur,kamera gak berfungsi.tapi klo hu saya hidupkan trus tombol menu di camera saya on kan,kamera berfungsi
    Setelah mobil maju muncul no signal
    2.lampu ilumni gak nyala sat hu mati dan lampu senja saya on kan

    Semua arus dari kamera dan lampu kota yg masuk ke hu ada normal

    Mohon pencerahan.kesalahan ada dimana terima kasih

    1. Adhi Widjajanto

      HU Brio RS 2021 merek Kenwood tipe apa ya?
      1. Ada kemungkinan kabel lampu mundur belum disambungkan ke HU, jadi HU belum bisa detek saat gigi di R
      2. Kalau HU dimatikan (power off) sepertinya memang mati semua deh Om, walau lampu senja dinyalakan sekalipun. Kabel lampu senja masuk ke HU itu berfungsi untuk on/ off dim layar. Entah ya kalau HU Kenwood tipe terbaru.

    1. Adhi Widjajanto

      HU Kenwood yang saya kenal memang gini Om, kalau HU di power off, ga akan nyala sendiri kalau mobil posisi R. Beda dengan HU merek lain.

  16. om adi, saya punya kendala pada head unit (HU) BRV th2017, kebetulan saya beli mobil tersebut kendalanya memang Touch Screennya sudah gak bisa, sedangkan untuk saluran radio baik FM maupun AM suaranya hanya noise saja. Terus saya beli (melalui shopee) lagi HU original BRV 2017, saya pakai selama 1 minggu normal, tapi belum sampai 1 bulan, Touch Screennya gak bisa, saluran radio baik FM maupun AM masih bisa.
    pertanyaan saya, apakah memang HU Honda BRV memang selalu bermasalah di bagian bagian Touch Screennya ?, apakah ada bengkel resmi yang menangani bagian Touch Screennya ?
    terima kasih sebelumnya

    1. Head unit BRV 2017 tipe E dapatnya Kenwood. Bisa diservis di authorized dealer Kenwood. Head unit BRV 2017 tipe Prestige dapatnya Panasonic. Nah yang ini gatau dah mesti servis di mana. Mungkin workshop audio bisa. Maaf saya tidak punya experience cukup lama pakai head unit bawaan BRV.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to Top