DIY: Electric Parking Brake at Honda BR-V

Materialnya:

  • Linear actuator motor. Saya beli yang 50mm extend, 12mm/s speed. Ternyata hanya perlu 10mm – 20mm extend jadi mesti bongkar dan geser limit switch di dalam tabung.
  • Universal bracket 1 batang. Untuk menahan motor ke baut-baut asli mobil.
  • Baut M12 dengan panjang 8cm. Akan lebih baik kalau bisa dapat baut yang lebih panjang lagi. Saya harus menyambungnya dengan bracket untuk dikaitkan ke motor.
  • DPDT switch. Wiring bisa lihat di bawah.
  • Kabel, skun, fuse, socket.

Wiring:

A. Ke accu. Bukan ke sumber arus lain, karena parking brake harus bisa difungsikan kapan saja.
B. Fuse. Linear actuator bisa menarik arus cukup besar jika tertahan. Jadi pastikan mounting dan pengaturan kekencangan parking brake tepat.
C. DPDT switch. Fungsinya untuk membalik arus. Jika posisi DPDT di kiri, arus A ke D adalah plus ke plus dan minus ke minus (linear actuator akan memendek). Jika posisi DPDT di kanan, arus A ke D adalah plus ke minus dan minus ke plus (linear actuator akan memanjang).
D. Ke linear actuator motor.

Mounting:

A. Warna orange, baut pengatur kekencangan parking brake.
B. Kabel parking brake dan harnessnya.
C. Baut M12.
D. Universal bracket
E. Linear actuator motor
F. Baut tuas matik. Berfungsi untuk menahan linear actuator motor saat memendek. Maaf untuk BR-V manual mungkin harus mencari baut yang lain.

Well, tombolnya sementara pakai itu dulu. Sedang mencari yang lebih baik, dan rencana akan pasang center console box, atau arm rest.

October 17th, 2017 by