Internal Charging

Dulu banget pas mulai kerja aku ngerasa aneh kalo di dalam satu corporate melakukan ‘internal charging’ antar divisi/ departemen. Kayaknya gimana gitu. Tapi setelah beberapa kali ngerjain proyek di client dan menemukan hal yang sama, -lama-lama ngerti juga kenapa begitu. Tiap departemen kan nggak mau dijuluki ‘cost center’ selamanya kan. Aku juga denger di Multipolar gitu juga. Di BCA sepertinya juga bakalan back charging biaya IT ke cabangnya sendiri.
Na ini yang bikin aku kaget, di RTM Group bakal gitu juga! Hua… yang digituin biaya koneksi Internet lagi! 100 ribu per kepala per bulan! Ampun deh. Coba kalo satu company punya 10 staff aja, udah 1 juta sebulan. Hm… kalo dipikir-pikir, ada lho service yang lebih murah dari itu. Tapi ya mungkin performanya nggak sampe sekenceng ini. Lagian emang mau punya 5 router, 5 gateway, 5 subnet di kantor imut gini? He… he… impossible! Wong ruang servernya aja seimut. Kapan-kapan deh aku foto.
Back to internal charging, benernya sih dari dulu juga udah gitu di kantor ini. Even for kopi, gula, air galon, toner mesin foto kopi. Tapi membebankannya secara merata. He… apa besok besok juga akan dibebankan proporsional? Hui… gimana coba… Apa mesti buka kantin di kantor sendiri? Hue… hue… hue… Kayak Garuda aja.
Oh ya. Aku kan punya gateway sendiri di sini. So barusan set up ISA Server buat jaga-jaga, just in case manajemen nggak mau bayarin kita-kita untuk browsing.. 😀

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to Top