Digitizing Old Photos

Dua hari… benar-benar dua hari saya hanya nongkrong di depan PC dan flatbed scanner, memasukkan lebih dari 400 foto-foto lama ke dalam media digital.
Tadinya saya hanya akan memasukkan foto-foto jadul SMA untuk keperluan reuni. Tapi setelah bercapai-capai membawa scanner ini dari kantor, kenapa tidak semua saja? “Good idea”, first thought. But it was killing me…!!! Tadinya masih serius mendigitasi satu-satu dengan resolusi 2400dpi. Tapi lewat 30 foto sudah menyerah. CanoScan D1250 U2 ini perlu satu setengah menit untuk scanning 4R foto dengan resolusi 2400dpi…!!! Belum lagi proses buka tutup scanner covernya. Ugh… akhirnya saya pilih mendigitasi 4 foto sekaligus, menggunakan fasilitas auto crop. Cuma sayang hanya bisa 600dpi.
Jam 3 sore hari Minggu selesai. Kepala saya pening, saat berdiri saya tiba-tiba duduk lagi. Entah, kena radiasi scanner? Hehehehe… Hasil scan sebanyak ratusan mega saya masukkan ke harddisk external, akan saya proses lagi di kantor. PC rumah saya sudah ngos-ngosan, kepanasan. Sayang tidak bisa minum… 😀

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to Top