Kalibrasi Monitor & Printer

Karena saya sering mengedit foto dan mencetaknya, seringkali terbentur dengan perbedaan warna antar monitor (kantor & rumah) maupun saat mencetaknya di printer atau di photo lab. Di antara sekian banyak photo lab pun hasilnya berbeda-beda. Lalu bagaimana? Hanya satu solusi: kalibrasi.
Setelah bertahun-tahun mengandalkan Adobe Gamma Loader untuk mengkalibrasi monitor, sekarang saatnya untuk upgrade. Saya banyak mendapat informasi dari situs ini. Panduannya lengkap dan bisa (saya tidak bilang mudah) diikuti oleh orang awam seperti saya. Tanpa alat kalibrasi khusus, tentu saja saya hanya mengandalkan mata saja.
Ternyata kalibrasi monitor bisa bikin sakit mata dan pusing. Tapi akhirnya berhasil juga satu monitor saya terkalibrasi dengan (menurut mata saya) cukup baik. Langkah kedua cukup “mahal” karena bisa menghabiskan tinta. Hem, dan ternyata tinta kuning saya habis… @#!%#$%!&*%@^$!!!

3 thoughts on “Kalibrasi Monitor & Printer”

  1. mas Adhi, mbok aku dikasih cara – carane kalibrasi…..
    soale ben hari kerjaku yooo ngedit plus ngprint juga n kadang dibikin fusing ama cetakan printerku, okeh warna yg meleset tak sesuai di monitor……….so aku nggak enak juga ama konsumenku.
    printerku Canon IP 1880 , monitor Samsung SyncMaster 750s.
    Tulungi aku mas…………..bagi – bagi ilmune.

  2. Kalau saya kalibrasi monitor pake toolsnya dari Adobe Photoshop. Ikutin saja wizardnya. Untuk kalibrasi antara monitor dan printer ya pakai cara abal-abal. Download file pattern dari Internet, lalu ubah2 setting printer sampai hasil cetakan mirip dengan yang di layar monitor (yang sudah dikalibrasi). Susah, buang tinta. Tapi kalau ketemu selanjutnya enak, asalkan tidak ganti jenis tinta (misal tinta asli diganti dengan tinta suntik).
    Semoga sukses…

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to Top