Meningkatkan Performa Windows XP

Banyak tips & tricks lah di Internet soal meningkatkan performa Windows XP. Tapi yang saya pakai selama ini sungguh cukup memadai buat saya.
Langkah pertama. Waktu format saat mau install, buat minimal 4 partisi. Yang pertama untuk OS dan aplikasi, yang kedua untuk data, yang ketiga untuk temporary files, yang keempat untuk virtual memory. Untuk partisi keempat, ukuran saya sesuaikan dengan dua kali ukuran memori fisik. Jadi untuk memori 1GB saya alokasikan 2GB untuk partisi keempat. Partisi ketiga saya pasang cukup 4GB karena hanya akan dipakai oleh XP dan aplikasi lain yang membuat temporary files. Partisi kedua saya biasanya hanya buat 20GB karena hanya untuk render DVD atau menampung file-file yang akan di burn ke DVD. Sisanya untuk partisi pertama.
Langkah kedua. Install seperti biasa.
Langkah ketiga. Format partisi ketiga dan keempat pakai FAT32. Kenapa bukan pakai NTFS karena performa baca tulis FAT32 lebih cepat daripada NTFS karena tidak perlu memperhatikan security.
Langkah keempat. Pindahkan Windows Virtual Memory ke partisi keempat. Ukuran juga dibuat custom dan fix (isian initial dan maximum sama).
Langkah kelima. Arahkan Environment Variables untuk Temp dan Tmp ke partisi ketiga.
Langkah keenam. Pindahkan My Documents ke partisi kedua.
Langkah ketujuh. Install aplikasi ke partisi pertama.
Langkah kedelapan. Defrag partisi pertama.
Langkah kesembilan. Install antivirus tanpa mengaktifkan fitur resident shieldnya. Dengan begini akses ke drive tidak akan terganggu dengan file scanning. Lalu jadualkan untuk scan seluruh drive saat idle. Pakai optimisasi bagian ini dengan bijak!
Done. Dari pengalaman, saya pakai konfigurasi seperti di atas untuk nge run datawarehouse kecepatannya bisa melejit sampai 4x dibandingkan dengan instalasi standard Windows XP yang menggunakan hanya satu partisi. Well, proses yang saya pakai memang extensive-disk-access.

2 thoughts on “Meningkatkan Performa Windows XP”

  1. Langkah keempat. Pindahkan Windows Virtual Memory ke partisi keempat. Ukuran juga dibuat custom dan fix (isian initial dan maximum sama).
    Langkah kelima. Arahkan Environment Variables untuk Temp dan Tmp ke partisi ketiga.
    Langkah2 ini beri tutorialnya doong, maklum masih awam banget…. thank

  2. @ Zainal:
    Langkah 4:
    Start Menu – My Computer – Klik Kanan & Properties – Advanced – Performance – Advanced – Virtual Memory – Change – Pilih Drive partisi keempat – Custom size – isikan ukuran yang diinginkan di Initial size & Maximum size. Untuk drive lainnya pilih No paging file
    Langkah 5:
    Start Menu – My Computer – Klik Kanan & Properties – Advanced – Environmental Variable – System variables – Ganti isian TEMP & TMP ke direktori yang sudah dibuat di partisi tiga.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to Top