DIY: HDD Docking Fan


Akhirnya jadi juga beli docking harddisk. Untuk saat ini, harddisk yang terpasang akan berganti antara 1,5TB (berisi backup foto, home videos, movies, dan ratusan archive docs) dan 80GB (berisi game-game Nintendo Wii). Cuman waktu kemarin mulai proses backup, harddisknya benar-benar panas! Lha kalau di dalam casing CPU gimana tuh? Well, saya tidak mau ambil risiko. Lebih baik dikipasi saja.
So, ignore the warranty, saya mau pasang kipas permanen saja. Untungnya, power supply harddisk docking mirip dengan power supply CPU: ground, 5V, 12V. Jadi saya bisa memakai kipas casing CPU. Pas saya punya bekas copotan power supply yang rusak. Setelah dibongkar (stiker garansi sobek tentunya), saya cari tempat yang cocok untuk melewatkan kabel kipas. Setelah dilubangi (A), kabel kipas dimasukkan, kemudian ujungnya disolder ke konektor power 12V (B). Test dulu, setelah itu casing harddisk docking ditutup kembali. Kipas saya tempel di bagian belakang docking menggunakan double tape.

Beres! Ini hasilnya:

Dari testing, harddisk cukup mendapat angin. Yang tadinya menyengat panas kalau disentuh, sekarang mau nempel berapa lama pun jari hanya akan berasa hangat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to Top