DIY: Peredam Lantai Honda BR-V

Pas kebetulan ban mobil sudah berisik (3,5 tahun dan kembangannya sudah nyaris habis), jadi justifikasi untuk pasang peredam lantai. Korelasinya? Biar ngukur efektifitasnya lebih berasa. So, pakai dB meter di handphone jalan 60kpj di aspal jalanan lengang, dapet 80 – 80 dB. Oh ya, kondisi mobil sudah berperedam atap (StP Autofun) dan pintu (Automat) dua lapis.

Kali ini saya pilih StP Black Silver. Kata sellernya, tipe Autofun sudah tidak dalam lini StandardPlast lagi. Pasangnya cukup mudah, tanpa heatgun, perlu roller saja atau kalau punya jempol super cukup tekan firm pastikan tak ada bubble terperangkap di antara plat dan peredam. Untuk Honda BR-V disarankan pakai 16 lembar. Saya beli hanya 14, fender belakang jadi belum tertutup peredam. Oh ya, fender depan saya pasang dua lapis.

Hasilnya cukup oke menurut saya. Hasil pengukuran didapatkan 75 – 80 dB di kondisi serupa dengan pengukuran awal. Yang berasa signifikan di telinga: suara glidik glidik jadi gluduk gluduk (freq tinggi jadi freq rendah), lebih nyaman di telinga lah. Next kalau niat beli dua lembar lagi buat fender belakang. Oh, plus bentar lagi juga ganti ban… hehehe…

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to Top