Akhirnya Camping Juga!

Benernya saya udah lama liat para vlogger Korea nge-camping. Saya juga subscribe Mas Afgan Fazri dan Nte Herina. Semangat sudah menggebu-gebu, tapi saat itu yang besar hanya niat, sisanya ga ada. Bahkan beberapa kali BRaVer camping, saya ga ikutan. Entah, mungkin ekspektasi saya berbeda.

Cuman kali ini sudah berhasil beli tenda plus perlengkapan seminimal mungkin: footprint, matras busa, sleeping bag, dan satu lampu. Trus tanya sana sini dan akhirnya ngikut saran Om Pandu untuk jajal solo camping di Green Grass, Cikole. Kebetulan tanggal 9 – 10 Mei 2024 libur, dan kami sekeluarga plan short trip Cirebon – Bandung. Jadi tanggal 9 pagi kami ke Cirebon, kulineran, menginap semalam, kemudian besok siangnya tanggal 10 check out dan meluncur ke Bandung. Setelah drop keluarga di hotel, saya jemput Cece lalu meluncur ke Cikole. Sempat terjebak macet di Lembang berjam-jam akhirnya masuk area camping jam 4 sore.

Set up tenda cukup cepat, 11 menit kelar. Simpel sih karena sudah lihat dulu caranya dari Youtube jadi ga berantakan. Tebar footprint, tebar inner, extend frame, cantolin inner, pasang outer, pasang pasak, extend kanopi, done.

Sempet disamperin aa’ yg jaga warung nawarin kayu bakar, kenapa enggak? Saya belum pernah juga nyalain api unggun. Nyantai sejenak, Cece sibuk dengan hapenya sementara saya “terbang” sebentar. Susah juga di area yang penuh pohon tinggi gini. Naik ke atas perlu nyari lubang, setelah sampai atas udah beneran ga kliatan lagi dronenya. Benar-benar harus ngandalin peta di controller buat nanti RTH.

Pas mulai gelap, kami masak mi instan. Cuman bawa itu aja, namanya juga minimalis, gada persiapan. Pengennya sih bakar daging, cuman alat dan bahannya juga di rumah ga ada. Kapan-kapan lagi dah.

Perut kenyang, mulai saatnya mencoba menyalakan api unggun. Di Green Grass tempat buat api unggun sudah tersedia. Tinggal mikir gimana cara nyusunnya dan gimana cara nyalainnya, plus tar kalau udah nyala gimana cara biar bisa nyala terus. Hahaha… Namanya juga nubi, Cece langsung buka Youtube nyari howto. Saya langsung susun aja, pakai kayu kecil yang rada bergetah (kayu apa sih ini) buat trigger, eh, berhasil!

Sebelum masuk tenda sempat jalan ke warung buat beli cemilan, trus memberanikan diri untuk mandi walau airnya lebih dingin dari es, bbrrr…!!! Jam 10 malam kami masuk tenda, mencoba masuk ke dalam sleeping bag dan tidur di atas matras busa yang ternyata tak senyaman yang saya bayangkan… Keras cuuuyyy!!! Hahaha. Pagi harinya Cece juga bilang yang sama. Okeh, next time pakai kasur angin dah.

Besok paginya bangun cepat, trus lagi-lagi sarapan mi instan, terbang bentar, beberes tenda, dan cus balik Bandung jam 7 pagi sambil diliatin sama tetangga yang baru pada bangun…