DIY: Ganti Shock Honda Vario 125 Helm-in

Baru juga datang diantar dari dealer, saat dicoba bareng anak-anak langsung gasruk polisi tidur di depan rumah. Ternyata ground clearance (gc) Vario rendah sekali. Beat hanya gasruk saat shocknya mengayun ke bawah sedangkan Vario sudah gasruk sebelum shocknya mengayun. Di thread Various belum ada solusi jitu untuk menaikkan gc. Beberapa cara antara lain ganti ban dengan profil tebal dan ganti shock untuk mengurangi rebound.
Susahnya, Vario 125 itu pakai shock ukuran 320. YSS Hybrid yang sering dijual hanya berukuran 300, yang jual 330 jarang sekali! Tapi setelah beberapa hari hunting baik di bengkel-bengkel sekitar rumah dan Internet akhirnya dapat juga. Tadi pagi jam 7 CODan dengan agan bks017 (dapat referensi dari thread Various juga) di taman dekat CNI Puri.



Kiri: Perbandingan YSS Hybrid 330 dengan shock standard Vario 125 Helm-in (320mm). Kanan: Patokan sekrup-sekrup untuk membuka bodi samping.
Berbekal pedoman darurat dari salah satu penunggu di thread, akhirnya terpasang juga shocknya. Ternyata malah lebih gampang dari saat saya mengganti punya Beat:
1. Buka jok, lepas jok dan bagasi helm in.
2. Buka behel.
3. Buka tutup mesin bagian depan.
4. Buka sekrup2 bodi samping mulai dari sekrup dekat bordes (1), sekrup dekat footstep belakang (2), sekrup di fender (1), dan klip plastik di fender juga
5. Tarik bodi sampingnya mulai dari depan ke belakang sampe baut shock nomor 14 terlihat.
6. Buka baut shock bagian bawah pakai kunci sok 12.
7. Buka baut shock bagian atas pakai kunci sok 14.
8. Ganti shock nya.
9. Pasang lagi semuanya.

Kiri: Letak baut nomor 14 yang hendak diraih dengan membuka bodi samping kiri. Kanan: Hasil setelah terpasang.
YSS Hybrid 330p ada 6 setelan ketinggian, diputar dengan bantuan kunci batang silinder kecil. Ga seperti YSS Hybrid 300 yang pakai sistim ulir. Di posisi standard tengah dan setelan shock tertinggi roda belakang turun sekitar setengah senti. Pas dijajal ride sama istri, tetep gasruk poldur walau ga sekenceng pas pakai shock standard. Plus rebound jadi cuman sekali seperti yang diharapkan.
Besok jajal dipake ngantor. Kalo dirasa kurang tinggi juga, nabung lagi buat ganti ban 110/80 untuk belakang dan 90/90 nya pindah ke depan. Plus ganti roller pakai tipe FR berat 14 gram dan per cvt Beat untuk mengkompensasi berat ban.

March 17th, 2013 by