DIY: Car head unit replacement

Dari Kenwood DPX U5120 menjadi Kenwood DDX 4033. Alasannya simpel: keep OEM… 😀 DDX4033 dipakai sebagai head unit (HU) bawaan Jazz 2013. Saya upgrade karena beberapa alasan: pasang steering audio remote, pasang kamera mundur, mau pasang layar buat anak-anak di belakang, mau pasang kamera kedua di ujung kiri depan.
Unboxing


Bongkar Pasang



Lepas HU lawas berikut panel tengahnya (cara buka silakan lihat ESM).


Buka 6 baut (masing-masing tiga di setiap sisi), lalu keluarkan HU dari panel tengah.

Buka 4 baut (masing-masing dua di setiap sisi), lalu lepas plat penjepit bezel HU.
Setelah semua lepas, pasangkan bezel dan plat penjepitnya ke HU baru. Karena merek sama, posisi baut pun sama persis. Setelah bezel terpasang, masukkan HU ke dalam panel tengah dan pasang bautnya.
Wiring

Panjangkan kabel steering remote karena akan ditarik ke cable reel. Sebenarnya saya curiga kabel sudah tersedia di mobil tapi lagi malas mencarinya… 😀

Soket bawaan mobil sama persis, hanya kabelnya tidak lengkap (kurang untuk Mute, Remote Control, dan Power Control). Jadi saya lepas dari soket baru dan saya pasangkan ke soket lama.


Kabel sensor kamera mundur juga hanya tersedia “telanjang”, saya pasangi soket agar memudahkan saat bongkar pasang di kemudian hari.

Kabel sensor rem tangan pun ternyata sudah tersedia di dalam dashboard! Yang berwarna oranye (entah di foto kok jadi kuning). Karena tidak punya soket pasangannya, saya potong dan sambungkan dengan kabel sensor rem tangan bawaan HU.

Siap dipasang…

Seluruh kabel terpasang (soket utama, antena radio, sensor rem tangan, sensor kamera mundur, video kamera mundur, steering remote)

Tadaaa…!!!

November 22nd, 2013 by