Mengisi Dua Tangki Air dengan Satu Pompa, Dua Keran Pelampung, Dua Radar Air

Kelihatannya mudah, namun akan menjadi kompleks jika kedua tangki letaknya berjauhan. Problem terpecahkan dengan mudah jika memasang pompa untuk masing-masing tangki. Kalau hanya satu pompa? Ini salah satu solusinya:

Keterangan Gambar:

  • AC: Listrik PLN
  • PS: Pressure switch
  • JP: Pompa air
  • R1 & R2: Radar
  • P1 & P2 : Keran berpelampung
  • A1 & A2: Batas bawah air
  • B1 & B2: Batas atas air

Bahan:

  • Keran berpelampung 2pcs
  • Radar 2pcs
  • Pressure switch 1pc
  • Pompa air 1pc
  • Kabel secukupnya

Pemasangan (REVISED):
Dari pompa, pipa dicabang masuk ke dalam kedua tangki, ujung pipa diberi keran berpelampung yang akan menutup jika pelampung terkena air. Kelistrikan dipasang mengikuti diagram. Kedua bandul radar dipasang saling berdampingan/ tidak berjarak. satu pada posisi B dan satunya pada posisi A (abaikan gambar pelampung yang saling berdekatan).

Cara kerja (REVISED):

Pompa akan bekerja jika salah satu radar aktif (kedua pelampung tergantung), dan akan mengisi tangki yang keran pelampungnya belum tertutup. Pompa akan mati jika seluruh pelampung mengambang di posisi B.
Pompa akan bekerja saat ketinggian air di antara posisi A dan B DAN MINIMAL SATU radar di posisi A. Air akan mengisi kedalam kedua tangki secara bersamaan sampai KEDUANYA mencapai posisi B, yang akan memutus listrik pada pressure switch karena kedua keran berpelampung dalam posisi menutup.
Catatan:
Terima kasih untuk Pak Slamet dan Pak Andy Wijaya yang telah menggerakkan saya untuk menulis entry ini yang merupakan sambungan dari tulisan saya yang lama tentang Radar Pompa Air.

Terima kasih untuk Pak Irwan Samtani yang telah memberikan kesalahan logika dan terima kasih untuk Pak Andi Ilham untuk penyemangatnya sehingga saya menyelesaikan revisi tulisan ini.

46 thoughts on “Mengisi Dua Tangki Air dengan Satu Pompa, Dua Keran Pelampung, Dua Radar Air”

  1. pak Adhi
    saya mempunyai konfigurasi 2 toren yang mirip seperti diatas, tapi dengan meteran listrik yang beda.
    bagaimana solusi instalasi listrik supaya pengisian tangki 1 listriknya dari meteran 1, begitu juga utk yg tanki 2 listriknya dari meteran 2
    terimakasih sebelumnya

  2. Assalamu’alaikum Wr Wb
    Selamat Sore Pak Adi
    Saya berencana membuat depot air dengan jumlah toren air sebanyak tiga buah. Supply air diisi dari mobil tangki kiriman asal pegunungan. Yang ingin saya tanyakan adalah :
    Bagaimana rangkaian pipanisasi ketiga toren air tersebut dengan hanya menggunakan satu pompa air sebagai penyedot agar air keluar dari toren menuju ke proses tabung filtrasi. Catatan : ketiga toren air berjajar berdampingan.
    Demikian pertanyaan saya, semoga Pak Adi dapat memberikan gambaran pencerahan, syukur alhamdulillah jika ada gambar desainnya.
    Wassalamu’alaikum Wr Wb

  3. Bu Irma, maaf saya belum pernah pasang 3 toren sekaligus. Cuman harusnya ketiga out di dasar toren digabung semua menggunakan knee dan sambungan T baru masuk ke pompa, walau tidak menjamin air habis berbarengan.

  4. Pak andi..sy memakai 1 pompa air otomatis dg presure switch…air masuk dari pam langsung ke keran2 selain itu juga di salurkan untuk mengisi tangki penampungan air buat cadangan air…sy menggunakan pelampung utk tangki air nya tp akibat nya pompa sy berbunyi cetak cetek terus ketika tangki air akan penuh….sy ingin mengganti pelampung tersebut dg radar…agar fungsi radar ini tidak mengganggu otomatis yg ke keran2 lain gimana ya pak buat instalasinya

    1. Maaf, radar dan pressure switch tidak bisa digunakan secara bersamaan untuk kasus Pak Irvan. Sebenarnya keran berpelampung di tangki air akan mengakibatkan pompa selalu menyala walau air di tangki hanya turun sedikit. Solusinya pakai 2 pompa, keran berpelampung diganti dengan radar.

  5. Maaf pa…. ralat sedikit, sepertinya gambar rangkain diatas tidak dapat diterapkan, karena pompa akan mati setelah dua pelampung mengambang jadi tiadk pernah mencapai pada posisi level B

  6. Slmt siang pak, mau tanya kalo pemasangan 2 Torn 2 otomatis pelampung, dan 1 mesin pompa dengan torn penampung air yg berjauhan apakah bisa? Dan jika torn penampung A masih kosong apakah Torn penampung B otomatis pelampung nya akan berhenti sendiri? Trmksh

  7. Pak, mau nanya nih, saya punya 2 toren dan 2 pompa. Toren I ada dilantai dasar dg 1 pompa. Toren II ada dilantai 3 . Toren I diisi air lsg dr sumur, toren II diisi air dari toten I . Bgmn cara pemasangan radarnya agar jika toren yg dilantai 3 bisa dpt pasokan air dr toren bawah dan stop pompanya kalau sdh penuh. Bgt juga untuk toren yg dibawah biar on/off pompa bs otomatis.

  8. Pak Adhi, saya mau mengaplikasikan sistem seperti di atas, tapi pompa yg digunakan adalah pompa submersible yang tidak ada pressure switchnya. Apakah kabel dari radar dari toren 1 dan toren 2 diparalel ?

    Mohon masukannya.
    Trims.

  9. Pak mau tanya,
    Saya mau buat instalasi untuk 2 toren 1 mesin air dari 2 sumber.
    Jadi misal toren A triger, maka sumber A yg nyala, bgtu juga sebaliknya.

  10. 1.Bagaimana cara instalasi untuk 2 sumber listrik dengan satu pompa?
    2.jika satu sumur bor di pakai untuk dua pompa penyedot (paralel) untuk dua toren (satu toren untuk satu pompa) , bagaimana instalasi inlet kedua pompa tsb? apa efek sampingnya?

  11. Tanya pak
    Kalo jet pump utk mengisi 2 toren penampungan itu normalnya berapa lama / menit ???
    Apa guna kapasitas
    Dan kali kapasitas sudah tdk minimal / normal tandanya apa.
    Tks

  12. Pak Sumadi, maaf saya belum punya pengalaman dengan jet pump. Kapasitor pada pompa berguna untuk menurunkan efek kumparan di pompa, jadi tarikan awal pompa tidak terlalu besar. Efektifitas pempasangan kapasitor, serta baik tidaknya kapasitor harus diukur pakai tang amper. Tes saat tanpa kapasitor, serta dengan kapasitor. Harusnya amper yang terukur dengan kapasitor lebih rendah. FYI, kapasitor juga (dapat) dipasang pada perangkat-perangkat yang menggunakan motor seperti lemari es, AC (biasanya sudah built in), dsb.

  13. pak
    mau tanya kalau tidak pakai pressure swith apa bisa/
    dan saya juga pakai motor pompa 3 phase
    mohon arahannya
    terima kasih

  14. Westy Dwi Hartary

    Pak Adhi, apakah bisa kalau 1 pompa ada 2 sambungan, 1 ke toren 1 lagi langsung? Karena sampai saat ini saya bingung kenapa otomatis nya tidak berfungsi. Bagaimana agar otomatisnya dapat berfungsi kembali dengan tetap menggunakan 1 pompa pak? Terima kasih

  15. Toren atau tandon air rumahan itu kalau diisi sampai batas air atas melebihi dinding toren yang vertikal, mendekati bibir penutup atas apakah tidak apa2 untuk ke depannya? Bagaimana jika membuat overflow tingginya selevel dengan inlet(asumsi tidak ada radar di toren pertama) untuk dialirkan ke toren yg lebih rendah
    Alternatif kedua untuk toren yg akan saya pasang dengan ketinggian berbeda, tiap toren dipasang radar dan kran pelampung, tapi bingungnya apa tekanan air ikut ke toren atas saat keran pelampung toren bawah terbuk

    1. Tergantung bentuk torennya kali ya. Kalau punya saya jelas tidak bisa sampai atas karena pada bagian horisontal/ atap ada lubang untuk pipa air masuk.

      Kalau menyusun toren dengan ketinggian berbeda, harus ada radar di toren atas untuk mematikan pompa saat penuh dan harus ada pelampung di toren bawah untuk menutup keran saat penuh.

      Kalau di kedua toren dipasang radar dan pelampung, diagram saya di atas tetap bisa bekerja.

  16. Pak adi,
    Keluaran dari pompa air saya pasang T / Tee untuk memecah aliran air ke tanki 1 dan tangki 2 (masing-masing tangki berbeda ketinggian), saat ini kondisinya masih manual. apakah diagram diatas bisa di implementasikan oleh dua toren/tangki air yang berbeda ketinggian?
    Bisa info Pressure Switch itu seperti apa ya? apakah ada link atau gambar di toko online (bisa bantu info gambar atau link nya)

    1. Bisa sih buat isi tangki dengan tinggi beda. Intinya, pompa akan berhenti bekerja saat KEDUA tangki terisi penuh. Pompa akan mulai bekerja saat SALAH SATU tangki kosong (bandul radar tergantung). Pressure switch bisa di search di toko online kok, atau nama lainnya “otomatis pompa”.

  17. Hallo…..

    saya mau tanya.. dirmh sya kan pakai torn air (merk pingguin) nahh saya ada niatan mau berhenti pakai tuh toren…. jadi saya pengen nya air yg dari jet pump keluar langsung ke keran2 yg ada dirumah… jd air yg dri jetpump udah gak usah masuk lagi ke toren…. nahh itu cara nya bagai mana ya????

    krna jujur saya kesel jg si pakai toren ini… bener2 nyesel… ud mana ribet hrs di bersin dll… asli kesel jdi nya….

    nahh rencana syaa udah gak mau lagi tuh air yg dr jetpum msk ke sna… jd lngsng kelur ke keran biasa….

    itu cara nya gimaana??

    pls.. mohon di balas yaa…

    terimakasih..

    1. Adhi Widjajanto

      Cara gampang: pipa output toren sambung ke pipa output jetpump. Trus pastiin jetpump dipasang pressure sensor. Dijamin air kencang, listrik juga tambah kencang tagihannya.

      Toren saya ud bertahun-tahun bersih terus. Pake merek Pinguin juga yg warna oren. Kuncinya biar bersih terus: toren ga kena matahari, dan air yg masuk toren difilter dulu.

  18. Saya mengikuti berbagai pertanyaan dan jawaban di atas. Tapi untuk pertanyaan , dua tangki air, dua pelampung, dua radar air, dua swtich saklar listrik berbeda, dua sumber listrik berbeda ( meter 1, meter 2 ) untuk SATU POMPA AIR belum terurai jawabannya ? kalo bisa design gambarnya biar jelas,
    Terimakasih

    1. Pak Harjo, kalau sumber listriknya dua, apa tidak lebih mudah pakai dua pompa sekalian? Jika sumber air hanya ada satu, pipa bisa dicabang ke dua pompa.

  19. Terima kasih informasinya pak Adhi.
    Mhn izin bertanya kalau menggunakan submersible, PS yang digunakan seperti apa nggih ?

    1. Submersible kan ada pipa yang ke atas. Nah setelah ipanya sampai di atas tanah, pasang tabung dan pressure switch biasa sebelum pipanya masuk ke tandon.

    1. Adhi Widjajanto

      Keran pelampung P1 dan P2? Untuk menjaga saat ketinggian air di tangki 1 dan tangki 2 tidak sama, atau kecepatan pengisian tangki 1 dan tangki 2 tidak sama, sehingga salah satu tangki penuh duluan sementara pompa belum mati karena masih mengisi tangki yang belum penuh. Ingat, pompa akan mati kalau kedua radar mati. Kalau hanya salah satu radar yang mati, pompa masih akan tetap bekerja.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to Top