Mata Sisi: Bajak Laut 3 Bulan

Sabtu kemarin, sebelum “nyasar” ke Grand Indonesia, kami berempat (sekarang Willi ikut) bertemu dengan Dr. Gusti G. Suardana, SpM. di Jakarta Eye Center, Menteng. Kami terpaksa jalan kaki sekitar 100 meter karena mereka tak menyediakan lahan parkir.
Sampai di atas ternyata ramai sekali! Pelayanannya sedikit lebih sederhana dibandingkan KMN, tapi dengan standard yang serupa. Sisi dilayani setelah menunggu cukup lama. Dokternya cukup baik, dan terpesona oleh kesigapan Sisi naik sendiri ke bangku periksa, bertumpu di kedua lututnya, dan memposisikan matanya pas di depan lensa. Dr. Gusti sampai meminta saya untuk memotret dia dan Sisi menggunakan kamera HP nya. “Mau saya tunjukkan ke lainnya, begini lho seharusnya…” Saya dan Yanty sampai tak bisa menahan tawa.
Hasil periksanya, Mata Sisi 1.25 plus (yang berarti tak bisa terapi dengan kaca mata), miring 40 derajat intermittent. Terapi tutup mata sebelah bergantian selama 3 bulan, setelah itu periksa lagi. Kalau tak ada perubahan, surgery pada usia 6 tahun.
Well, kami puas dengan solusinya. Tutup mata bajak lautnya 120 ribu isi 20 dan full color!
Part 1
Part 2
Part 3

20 thoughts on “Mata Sisi: Bajak Laut 3 Bulan”

  1. Anak saya kondisi matanya persis seperti Sisi. Saat ini usianya 4 tahun dan direkomendasikan dokter anak kami untuk datang ke RSM Aini dg dr Lumongga.
    Mau tau apakah Sisi akhirnya perlu operasi atau sudah normal matanya dg terapi ortopad dan kacamatanya. Update dong Pak.

  2. Pak, mohon info terbaru, bagaimana kondisi Sisi. Kebetulan anak saya 7 bulan, saya lihat mata kanannya juling ke luar. Saya sudah periksa ke JEC dengan dr. Florance. Setelah pemeriksaan diketahui bahwa syaraf mata anak saya baik-baik saja dan bagus. hanya saja setelah dites, ada silindris 2 di mata kanannya, dan 1,5 di mata kirinya. artinya, sebenarnya kedua mata anak saya juling, tapi yang kentara terlihat mata kanan (tidak setiap saat terlihatnya, hanya saat-saat tertentu saja).Terapi tutup mata selama sebulan dengan waktu 1 jam. Tanggal 24 Maret nanti cek lagi ke dokter. Saya ingin tanya, apakah setelah Sisi terapi patch selama 3 bulan, ada perubahan? Mohon informasinya ya, Pak.
    Terima kasih.
    Salam,
    Ratih

  3. Bu Ratih,
    Kasusnya berbeda, walau treatmentnya sama. Sisi melakukan terapi menggunakan ortopad untuk merangsang otot mata, bukan syaraf mata, dan juga tidak silindris. Kami kembali kontrol setelah 6 bulan pemakaian, dan memang “miringnya” sedikit berkurang.
    Kami konsisten sampai dia kelas 1 SD, karena sesuatu dan lain hal kami tidak dapat meneruskan treatmentnya. Dari dulu matanya miring memang saat dia bengong, semakin dewasa dia lebih bisa mengontrol matanya jadi terlihat miring sangat jarang sekali.
    (maaf komentarnya saya pindah agar sesuai dengan topiknya)

  4. Dear Bapak/Ibu Adhi Widjajanto
    Selamat siang, bagaimana sekarang keadaan anaknya. Kebetulan anak saya mengalami seperti anak bapak. Sekarang usia anak saya 3th. Sebelumnya anak saya terkena katarak dan sudah di operasi pada usia 2th ternyata masih ada lagi permasalahan baru yaitu mata yang telah di operasi sekarang menjadi sedikit juling, ini dikarenakan mata tersebut sebelumnya tertutup selaput katarak. Setelah saya kontrol kata dokter mata anak saya menyarankan agar mata anak saya diterapi. Terapi tersebut bisa dilakukan di dokter dan di rumah. Untuk terapi di rumah kami mempunyai kendala untuk membeli plester penutup mata atau Tutup mata bajak lautnya. Domisili kami ada di surabaya. Kira-kira sekarang harga tutup mata bajak lautnya berapa ya dan apakah bisa dibantu dimana saya bisa membelinya dijakarta. Sebab di surabaya saya sudah keliling apotik tidak satupu yang menjualnya.
    Mohon dapat dibantu infonya dan salam hangat untuk ananda sisi.
    Best Regards,
    Zefa

  5. Sisi sekarang sudah berumur 8 tahun, sudah sejak umur 6 tidak lagi menggunakan ortopad, hanya dibantu dengan kacamata minus setengah (dan kemarin dicek ternyata sudah nol). Fungsi kacamata sebenarnya hanya menjaga agar mata anak tetap mengarah ke depan, jadi melatih otot mata juga.
    Ortopad cukup pricey buat saya, itu menjadi salah satu sebab juga Sisi berhenti menggunakan ortopad (selain anaknya juga malu). Soal pembelian, kami biasa beli di apotik Jakarta Eye Center. Mungkin bisa coba kontak ke apotiknya apakah bisa melakukan pengiriman ke luar kota.
    Saya pernah masuk ke situsnya, ortopadusa.com, mereka punya produk yang dapat dipakai ulang. Mungkin akan lebih efektif jika bisa mendapatkan produk jenis tersebut. Atau bisa konsultasi ke dokternya apakah bisa membuat sendiri “penutup mata” nya. Fungsi utamanya harus bisa membuat kelopak mata tertutup rapat.

  6. Hai pak Adhi. Sorry ganggu waktunya. Saya juga baru mengalami hal yang sama seperti anak bapak. Anak saya 2 thn setengah. Mata kiri intrrmitten keluar. Banyak yang saya kawatirkan. Kalo berkenan saya ingin minta email bapak untuk bertanya seputar intermitten dan terapinya dll. Apakah dari awal sisi intermitten nya di dua mata nya atau bagaimana? Anak saya hanya mata kiri skr disarankan tutup mata sehat stiap hari 2 jam. Yang saya khawatirkan apa mata sehat yang ditutup bisa ikutan lari? Apa sisi akan / disarankan operasi di kemudian hari? Dan apa kondsinya mengganggu kegiatan nya di sekolah dll? Maaf ya pak kalau banyak pertanyaan. Karena saya bingung dan kawatir.thanks.
    erni

  7. Bu Erni,
    Mata Sisi kalau dites dua-duanya bisa lari ke luar. Jadi terapinya bergantian kanan dan kiri selama 4 jam setiap hari. Namun dengan bertambahnya umur, dia jadi lebih bisa mengontrol otot matanya. Sekarang umur 8 tahun puji Tuhan kami sudah tidak pernah melihat mata dia lari lagi.
    Kalau ada yang hendak ditanyakan lebih lanjut bisa langsung email saja Bu.

  8. Terima kasih pak adhi atas jawabannya, kalo tidak keberatan boleh saya tau alamat emailnya pak? Agar lbih enak saya bertanya via email, karena awal saya periksa dengan dr.florence katakan mata anak saya yang kiri saja, setelah dicoba terapi eyepatch 2hari, mata kanan malah jadi ikutan lari, yg sebelum nya tidak pernah lari, dan apa jika tidak di terapi bisa menyebabkan juling konstan pak? Krn sy jadi bingun. Thanks. Gbu

  9. Maaf merepotkan pak,saya sudah cek inbok dan spam folder email saya kcbabykid et yahoo.com tapi tidak masuk emailnya.
    Kalau tidak keberatan boleh tolong resend coba ke email lain kcbabykid et hotmail.com
    Sebelumnya saya juga ada msg via fb
    Thanks. Gbu

  10. Pak, maaf butuh bantuan info dimana kah bisa beli ortopad eye patches yang digunakan? Saya lagi cari untuk keponakan. Terimakasih.

  11. Pak Adhi bagaimana kabar Sisi ? Jd sisi tidak perlu di operasi? Anak saya jg kemarin ke rs aini. Lalu disarankan untuk terapi patching kalau memang tidak ada kemajuan dia hrs dioperasi.
    Kalau boleh saya mnt alamat email pak Adhi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.